Program

Political Economy and Policy Studies menyediakan berbagai program pelatihan dalam bidang bisnis, ekonomi dan kebijakan publik kepada masyarakat umum. Kurikulum program pelatihan dibagi dalam tiga kelompok, disesuaikan dengan latar belakang akademis para peserta.

Pertama adalah Program Pelatihan Ekonomi untuk Bukan-Ekonom. Tujuan program ini untuk meningkatkan pengetahuan dasar ekonomi bagi masyarakat yang tidak mempunyai latar belakang ilmu ekonomi. Dengan mengikuti program ini, masyarakat diharapkan dapat mengikuti dan memahami berita ekonomi dan kondisi ekonomi terkini. Sehingga mereka dapat mengantisipasi dampak ekonomi bagi bisnis atau kehidupan sosial masyarakat.   

Kedua adalah Program Pelatihan Ekonomi untuk Wartawan dalam bidang bisnis dan ekonomi. Program pelatihan untuk wartawan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme wartawan dalam menyampaikan berita. Pada hakekatnya, wartawan mempunyai peran sangat penting, dan menjadi pintu utama, dalam penyebaran berita kepada masyarakat. Oleh karena itu, wartawan diharapkan dapat menyampaikan berita secara utuh dan benar. Wartawan diharapkan dapat bersikap kritis terhadap perkembangan kondisi bisnis dan ekonomi, termasuk bersikap kritis terhadap data yang dipublikasi oleh instansi pemerintah.

Untuk dapat memainkan peran penting tersebut secara efektif, wartawan bisnis dan ekonomi harus mempunyai pengetahuan yang baik sehingga dapat menyampaikan berita kepada masyarakat secara profesional, independen dan penuh integritas. Yang pada gilirannya dapat membantu masyarakat menggunakan hak politik mereka sebaik-baiknya demi kebaikan bangsa dan negara.

Program pelatihan ekonomi untuk wartawan diharapkan dapat memperluas wawasan wartawan dalam bidang bisnis, ekonomi politik dan kebijakan publik, dan menjalankan tugas dengan bertanggung jawab terhadap profesi wartawan dan publik.

Ketiga adalah Program Pelatihan Ekonomi Lanjutan yang membahas berbagai topik kebijakan ekonomi dan kebijakan publik secara mendalam dan dampaknya terhadap kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat. Pelatihan ini lebih menekankan pada pembahasan dan diskusi tentang kebijakan ekonomi dan kebijakan publik tertentu. Oleh karena itu, peserta pelatihan wajib mempunyai tingkat pengetahuan memadai dalam bidang ekonomi dan kebijakan publik.

Topik pembasahan dan diskusi meliputi antara lain bidang moneter, fiskal dan perpajakan, industri dan perdagangan, produksi dan faktor produksi, jaminan kesehatan dan jaminan sosial, dan lainnya.

Terakhir adalah program sertifikasi untuk para profesional dalam bidang profesi analis ekonomi untuk menjadi Analis Ekonomi Bersertifikat. Program pelatihan sertifikasi ini terdiri dari perpaduan teori dan praktek dari berbagai multidisplin ilmu ekonomi. Program pelatihan sertifikasi analis ekonomi dapat membantu kinerja analis ekonomi dan kinerja perusahaan dalam mengantisipasi business cycle dan dampak ekonomi politik terhadap sektor industri dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Program pelatihan disampaikan baik secara online (dalam jaring) maupun offline (dalam ruang kelas) dengan jumlah peserta maksimal 10 orang per kelas. Metode pembahasan disampaikan melalui pembahasan teori dan dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan menggunakan studi kasus riil terkait perkembangan ekonomi Indonesia dan global.

Dalam memberikan pelatihan, PEPS akan bekerja sama dengan mitra pelatihan (program partner) dari berbagai universitas dan institusi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. PEPS juga akan menjalin kerja sama dengan tenaga ahli dan profesor sebagai tenaga pengajar dan fasilitator diskusi.

  1. Program Pelatihan Ekonomi untuk Bukan Ekonom
  2. Program Pelatihan Ekonomi untuk Wartawan
  3. Program Pelatihan Ekonomi Lanjutan
  4. Program Pelatihan Sertfikasi Analis Ekonomi

Kontak
Email: info@peps.co.id

Copyrights 2021 Anthony Budiawan & Rekan. All rights reserved.